Memahami Pancasila dengan Kemerdekaan RI

By : VINDHEA INTAN RAVINA

@dhearavina

Banyak orang mengatakan bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia, yang secara umum dapat diartikan sebagai kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang menyakngkut dan mengatur tingkah laku sekelompok menusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan. (http://my-world-ly2k.blogspot.com)

Namun, kini seolah-olah pancasila kehilangan ruh yang meleket didalamnya sebagai ideologi Negara. Keberadaan pancasila seharusnya menjadi pagar yang dapat membatasi perbedaan masyarakat dan kini seakaan pancasila tiada gunanya dalam kata lain rapuh dan tak berdaya menghadapi perbedaan yang ada.

Disisi lain, bukan hanya pancasila yang patut di salahkan dan dipojokkan. Namun juga para pelaku pancasila yang tidak mampu memaknai pancasila sebagai nilai tatanan sosial dimasyarkat. Walaupun singkat dan padat pancasila memiliki makan yang sangat besar untuk membuat Indonesia lebih maju dimasa mendatang.

Didalam pancasila mengandung pandangan politik, ekonomi, social budaya, agama, dan semua dimensi kehidupan. (http://www.radarbanten.com)  Maka dari itu, harus ada keseriusan semua golongan masyarakat untuk dapat mengembalikan jasad dan ruh pancasila sebagaimana mestinya.

Dengan rasa optimis yang tinggi, kita berharap nilai-nilai pancasila yang selama ini terisolasi oleh para pleaku pancasila sendiri bisa kembali menjadi ideologi bangsa yang dapat menjalankan ajaran pancasila dengan sebenar-benarnya. Selamat ulang tahun untuk Indonesia yang ke-67, semoga Indonesia dapat menjadi Negara yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamiin.

SMAN SUMATERA SELATAN (SAMPOERNA ACADEMY)

By dhearavina

Leave a comment